Evaluasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi

Evaluasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi

Pusat Pengembangan Akademik (PPA) – Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Kamis (26/03/15) menyelenggarakan Seminar Evaluasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi, diselenggarakan di auditorium lt. 9, gedung Pusat Studi dan Sertifikasi Guru, UNJ.

Kepala LPP, Dr. Totok Bintoro, M.Pd. Bapak Totok menyampaikan dalam sambutannya, bahwa LPP berkomitmen untuk terus membangun budaya akademik dan meningkatkan kualitas akademik di UNJ. “LPP sudah merencanakan untuk menyusun pedoman-pedoman yang berkaitan dengan dunia akademik di UNJ, pedoman tersebut disusun supaya dapat dijadikan panduan oleh segenak civitas akademika UNJ,” imbuh bapak Totok.

Acara yang dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa UNJ ini, dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Muchlis R. Ludin, MA. “Program seperti ini menjadi program yang diunggulkan, segenap pimpinan UNJ sangat mendukung. Karena selama ini muncul kesan bahwa setelah menjadi dosen, para dosen merasa tidak perlu lagi belajar. Padahal ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang,” Ungkap Bapak Muchlis.

Nara sumber dalam seminar kali ini adalah Dr. Asep Supena, M.Psi menyampaikan materi Standar Penilaian menurut PERMENDIKBUD No. 59/2014, Dr. Soeprijanto, M.Pd menyampaikan materi Memaksimalkan Pengambilan Data  melalui Instrumen Non Tes untuk Menilai Hasil Belajar Mahasiswa, dan Dr. Wardani Rahayu, M.Si menyampaikan materi Pengembangan Instrumen. Seminar berlangsung dengan dimoderatori oleh Dr. Agus Dudung.

Seminar Evaluasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi ini, merupakan acara ketiga dari program Seminar – Diskusi (SEMDIS) yang akan berlangsung setiap bulan selama setahun. Program SEMDIS mengusung tema yang berbeda pada setiap bulannya, dimana tema yang dipilih adalah tema-tema yang relevan dengan tugas dan fungsi utama dosen.

Program SEMDIS atau disebut juga dengan program refresing dan recharging, bertujuan diantaranya; (1) Menyegarkan dan Menguatkan kompetensi dosen; (2) Membangun suasana akademik yang positif (positive academic atmosphere); (3) Mendukung upaya pengembangan karier dan profesi dosen (carier  & professional development), khususnya terkait dengan penilaian kinerja pegawai (SKP) dan penilaian Beban Kerja Dosen (BKD); dan (4) Memfasilitasi program studi dan institusi untuk meningkatkan nilai akreditasi.

Materi seminar Evaluasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi dapat diunduh melalui link-link berikut ini:

Standar Penilaian menurut PERMENDIKBUD No. 49/2014 (http://www.unj.ac.id/lpp/content/standar-penilaian-menurut-permendikbud-no-492014)

Memaksimalkan Pengambilan Data  melalui Instrumen Non Tes untuk Menilai Hasil Belajar Mahasiswa (http://www.unj.ac.id/lpp/content/memaksimalkan-pengambilan-data-evaluasi)

Pengembangan Instrumen (http://www.unj.ac.id/lpp/content/pengembangan-instrumen)

[Imam F. Rahmadi]

admin Avatar