Workshop Analisis Kebutuhan Sumber Belajar Mahasiswa

Pusat Sumber Belajar (PSB) – Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (18/04/15) menyelenggarakan Workshop Analisis Kebutuhan Sumber Belajar Mahasiswa yang Mendukung Proses Perkuliahan Berbasis IT, diselenggarakan di laboratorium micro teaching PSB, gedung Raden Dewi Sartika, lantai 6, UNJ.

Kepala PSB, Dr. Khaerudin, M.Pd. menyampaikan bahwa workshop bertujuan untuk menjaring masukan para dosen, dalam rangka penyusunan Instrumen analisis kebutuhan sumber belajar mahasiswa yang mendukung proses perkuliahan berbasis IT.

Workshop dihadiri para dosen UNJ dari berbagi fakultas. Mendatangkan Dr. Eveline Siregar, M.Pd. sebagai narasumber. Menyampaikan Taksonomi Sumber Belajar dan Kecenderungan Sumber Belajar berbasis IT yang berkembang saat ini.

“Sumber belajar sangatlah beragam, pada dasarnya segala sesuatu yang mengandung pesan untuk dapat digunakan dalam belajar, merupakan sumber belajar,” kata Ibu Eveline. Ditambahkan Ibu Eveline, bahwa sesuai dengan Association for Educational Communications and Technology (AECT), taksonomi sumber belajar terdiri dari pesan (message), orang (people), bahan (materials), peralatan (device), teknik (technic), dan latar (setting).

Hasil workshop ini adalah tersusunnya Instrumen Analisis Kebutuhan Sumber Belajar Mahasiswa yang Mendukung Proses Perkuliahan Berbasis IT. Instrumen akan disebar kepada mahasiswa UNJ untuk mendapatkan gambaran sumber belajar apa yang mereka butuhkan. [Imam F. Rahmadi]