Seminar Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi

Pusat Pengembangan Akademik (PPA) – Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Selasa (28/04/15) menyelenggarakan Seminar Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi: Active Learning in Higher Education (ALIHE), diselenggarakan di auditorium lt. 9, gedung Pusat Studi dan Sertifikasi Guru, UNJ.

Dr. Totok Bintoro, M.Pd. selaku Kepala LPP melaporkan bahwa kegiatan diselenggarakan dalam rangka membangun budaya dan suasana akademik di lingkungan UNJ. “Melalui seminar Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi ini, diharapkan para dosen bisa menerapkan pembelajaran aktif di kelasnya, sehingga dosen dapat menjadi model pembelajaran aktif bagi mahasiswa, yang notabene akan menjadi guru” ungkap bapak Totok.

Seminar dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa UNJ. Rektor UNJ, Prof. Dr. Djaali membuka acara dengan khidmat. Sambil sebelumnya berpesan kepada para dosen UNJ, untuk menjadikan kegiatan mengajar sebagai hobi, sehingga terasa menyenangkan bukan menjadi beban. “Saya berterima kasih kepada LPP, nara sumber, dan para hadirin atas terselenggaranya seminar ini” imbuh Rektor UNJ saat mengakhiri sambutannya.

Nara sumber dalam seminar kali ini adalah Prof. Dr. Paulina Panen dan Dr. Cut Kamaril Wardani Yusuf. Seminar berlangsung dengan dimoderatori oleh Kepala PPA, Dr. Asep Supena, M.Psi. Seminar menghasilkan catatan penting, yaitu bahwa implementasi pembelajaran aktif di perguruan tinggi sangat penting terutama dalam konteks pembelajaran abad 21.

Seminar Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi ini, merupakan acara keempat dari program Seminar – Diskusi (SEMDIS) yang akan berlangsung setiap bulan selama setahun, pada tahun 2015. Program SEMDIS mengusung tema yang berbeda pada setiap bulannya, dimana tema yang dipilih adalah tema-tema yang relevan dengan tugas dan fungsi utama dosen.

Program SEMDIS atau disebut juga dengan program refresing dan recharging, bertujuan diantaranya; (1) Menyegarkan dan Menguatkan kompetensi dosen; (2) Membangun suasana akademik yang positif (positive academic atmosphere); (3) Mendukung upaya pengembangan karier dan profesi dosen (carier  & professional development), khususnya terkait dengan penilaian kinerja pegawai (SKP) dan penilaian Beban Kerja Dosen (BKD); dan (4) Memfasilitasi program studi dan institusi untuk meningkatkan nilai akreditasi.

Materi seminar Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi dapat diunduh melalui link berikut ini:

Active Learning in Higher Education – Prof. Dr. Paulina Panen (http://unj.ac.id/lpp/content/active-learning-higher-education-paulina-panen)

Active Learning in Higher Education – Dr. Cut Kamaril Wardani Yusuf (http://unj.ac.id/lpp/content/active-learning-higher-education-cut-kamaril-wardani)

[Imam F. Rahmadi]