Penyegaran dan Rekrutmen Instruktur PLPG UNJ Tahun 2017

Penyegaran dan Rekrutmen Instruktur PLPG UNJ Tahun 2017

Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (12/07/17) menyelenggarakan kegiatan Penyegaran dan Rekrutmen Instruktur PLPG UNJ Tahun 2017, diselenggarakan di Wisma Kinasih, Jl. Raya Tapos Cimanggis, Depok.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dan Laporan oleh Ketua LP3M UNJ, Dr. Totok Bintoro, M.Pd “Berbeda dengan tahun lalu, PLPG sekarang ini berpola “ON” dan “IN”, sebelum para guru kita undang tatap muka dengan instruktur, maka guru-guru ini melakukan aktivitas pengembangan diri yang nanti hasilnya akan dipresentasikan kepada mentor. Pada saat “ON PLPG” yang berlangsung selama 2 bulan, Ibu/Bapak berfungsi sebagai mentor dengan 4 kali tatap muka ONLINE tidak ada tatap muka langsung. Setelah pola “ON PLPG” selanjutnya dilaksanakan pola “IN PLPG” yang sama  seperti tahun sebelumnya. Semoga tahun ini kita bisa mendampingi dengan pola “ON dan IN” agar kinerja para guru-guru Indonesia semakin meningkat.”

Secara resmi, acara dibuka langsung oleh Rektor UNJ, Prof. Dr. Djaali “Pelaksanaan PLPG hanya 100 jam, oleh karena itu mari kita manfaatkan 100 jam ini, untuk memberikan secara optimal bekal kepada para guru peserta PLPG. Ketika orang berbicara guru, maka yang bertanggung jawab adalah kita. Semua orang yakin bahwa tidak ada bangsa yang maju tanpa pendidikan yang berkuallitas, oleh sebab itu kita ini menjadi penentu untuk kemajuan bangsa, itulah yang harus menjadi motivasi kita semua.”

“Saya ucapkan selamat mengikuti Penyegaran dan saya berharap bagi para dosen calon instruktur yang hari ini menjalani tes rekrutmen dapat berhasil, serta saya ucapkan terima kasih atas partisipasinya” tutur Rektor UNJ.

Materi penyegaran dan proses rekrutmen disampaikan oleh Dr. Suyono, M.Si selaku perwakilan dari Direktorat Penjaminan Mutu Dirjen GTK.

Pendidikan dan Latihan Profesi Guru atau PLPG ini merupakan salah satu dari program sertifikasi guru. Sertifikasi guru, merupakan amanat dari upaya peningkatan mutu guru, sebagai implementasi Undang-undang Nomor 14 tahun 2015 tentang Guru dan Dosen, dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2009 tentang Guru. Dalam pelaksanaan pola ON PLPG, bagi Bapak/Ibu Peserta PLPG atau Mentor PLPG dapat segera mengaktifkan akunnya di Pembekalan Awal PLPG 2017.

-Anggit Al Furqon-
admin Avatar