Seminar Model-Model Pembelajaran

Seminar Model-Model Pembelajaran

Pusat Pengembangan Akademik (PPA) – Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (27/05/15) menyelenggarakan Seminar dan Diskusi Model – Model Pembelajaran, diselenggarakan di auditorium lantai 9, gedung Pusat Studi dan Sertifikasi Guru, UNJ.

Acara diawali dengan laporan penyelenggaraan seminar dan diskusi pada bulan sebelumnya oleh Dr. Totok Bintoro, M.Pd., selaku Ketua LPP. Sesuai menyampaikan laporan kegiatan, Bapak Totok menyampaikan, bahwa LPP merupakan pelaksana operasional dari Wakil Rektor I bidang Akademik, yang salah satu programnya adalah meningkatkan kualitas akademik di UNJ melalui berbagai kegiatan. “Acara ini bertepatan dengan hari kelima Dies Natalis UNJ ke-51” imbuh Bapak Totok.

Selanjutnya, Wakil Rektor I, Prof. Dr. Muchlis R. Luddin, menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara. Bapak Muchlis sangat mengapresiasi acara yang bernuansa akademik seperti ini. “Saya sangat senang dan tambah semangat, sekaligus berterimakasih kepada LPP, karena salah satu persoalan kita adalah membangun atmosfir akademik, tidaklah disebut pendidikan tinggi kalau interaksinya tidak akademik.” kata Bapak Muchlis.

Adalah Prof. Dr. Udin S. Winataputra, MA. dan Prof. Dr. Anah Suhaenah Soeparno, narasumber pada seminar kali ini. Seminar berlangsung dengan dimoderatori oleh Kepala PPA, Dr. Asep Supena, M.Psi. Seminar yang dihadiri 370 peserta yang terdiri dari para dosen dan mahasiswa UNJ ini, menghasilkan catatan penting, bahwa sebagai pendidikan harus paham dan dapat dengan fleksibel mengimplementasikan model pembelajaran di kelasnya.

Seminar Model – Model Pembelajaran ini, merupakan acara kelima dari program Seminar – Diskusi (SEMDIS) yang akan berlangsung setiap bulan selama setahun, pada tahun 2015. Program SEMDIS mengusung tema yang berbeda pada setiap bulannya, dimana tema yang dipilih adalah tema-tema yang relevan dengan tugas dan fungsi utama dosen.

Program SEMDIS atau disebut juga dengan program refresing dan recharging, bertujuan diantaranya; (1) Menyegarkan dan Menguatkan kompetensi dosen; (2) Membangun suasana akademik yang positif (positive academic atmosphere); (3) Mendukung upaya pengembangan karier dan profesi dosen (carier & professional development), khususnya terkait dengan penilaian kinerja pegawai (SKP) dan penilaian Beban Kerja Dosen (BKD); dan (4) Memfasilitasi program studi dan institusi untuk meningkatkan nilai akreditasi.

Materi seminar Model Pembelajaran dapat diunduh melalui link berikut ini:

Model-model Pembelajaran – Prof. Dr. Anah Suhaenah Soeparno (klik di sini)
Dasar-dasar Pengembangan Model Pembelajaran – Prof. Dr. Udin S. Winataputra, MA. (klik di sini)

[Imam F. Rahmadi]

admin Avatar