SOSIALISASI SISTEM AKREDITASI PERGURUAN TINGGI ONLINE (SAPTO)

SOSIALISASI SISTEM AKREDITASI PERGURUAN TINGGI ONLINE (SAPTO)

Pusat Penjaminan Mutu (PPjM) – Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), menyelenggarakan Sosialisasi  berkaitan dengan “Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO)” yang berlangsung pada hari Rabu (11/10/17) dimulai dari jam 09.00 s.d 12.00 di Aula Bung Hatta, Pascasarjana, UNJ.

Sosialisasi SAPTO ini berkaitan dengan pelaksanaan program kegiatan Pusat Penjaminan Mutu LP3M UNJ, yaitu Audit Internal Persiapan Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Program Studi. Sosialisasi ini dibuka oleh Dr. Riyadi, ST., MT selaku Koordinator Pusat Penjaminan Mutu, sedang untuk sosialisasi SAPTO disampaikan oleh Dr. Prihandoko, S.Kom, MIT sebagai Deputi Direktur Program Doktor Universitas Gunadarma.

Struktur Organisasi BAN-PT berdasarkan Permenristekdikti 32 Th 2016 terdiri dari Majelis Akreditasi (pasal 13) dan Dewan Eksekutif (pasal 21). Majelis Akreditasi inilah yang akan menangani masalah Akreditasi. Akreditasi terdiri dari dua jenis yaitu Akreditasi Program Studi (APS) dan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT). APS nantinya akan dilaksanakan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) dan APT dilaksanakan oleh BAN-PT. Saat ini yang sudah berjalan adalah LAM Teknik dan LAM MIPA. Jumlah asesor saat ini ada 1000 asesor dan semua prodi wajib untuk divisitasi. Jumlah Perguruan Tinggi yang terdaftar di PDDIKTI sebanyak 4472 Perguruan Tinggi.

Saat ini Indonesia sedang membentuk lembaga akreditasi internasional seperti yang ada di Washington. Tahun ini sedang diujicoba oleh Jepang. Hal ini menjadi kemudahan bagi setiap Perguruan Tinggi untuk mengajukan akreditasi internasional tanpa mengeluarkan biaya.

Proses akreditasi masih sama seperti yang telah berjalan. Secara prosedur juga masih sama baik menggunakan SAPTO mapun tanpa SAPTO. Peringkat akreditasi akan diubah dari A,B,C menjadi Unggul, Baik Sekali, dan Baik. Jika nilai akreditasinya sebesar 358 maka boleh mengajukan banding. Tetapi jika hanya 330an sebaiknya jangan banding. Jika ingin mengajukan banding lebih baik 6 bulan setelah keputusan akreditasi keluar.

Dalam acara sosialisasi ini disimulasikan cara menggunakan aplikasi SAPTO. Aplikasi SAPTO dapat diakses pada web SAPTO yaitu sapto.banpt.or.id. Dalam memudahkan penggunaan aplikasi SAPTO ini, diberikan aplikasi latihan yang dapat diakses pada sapto-dev.banpt.or.id. Pada aplikasi SAPTO ini akan diminta akun dan password untuk login. Satu Perguruan Tinggi hanya akan mempunyai satu akun SAPTO.

Di akhir acara Sosialisasi SAPTO ini diadakan sesi tanya jawab dari para peserta.

(adm)

 

admin Avatar