Pelatihan Media Berbasis IT untuk Mahasiswa PPG UNJ

Aula Bung Hatta UNJ– Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjamin Mutu (LP3M) UNJ terus mendukung keberlangsungan Program Profesi Guru (PPG). Sabtu, (17/03/18) LP3M UNJ menyelenggarakan Pelatihan Media Berbasis IT untuk menunjang kompetensi guru yang profesional di Era Millennial.

Narasumber oleh  Uwes Anis Chaeruman, M.Pd bersama moderator Dr. Khaeruddin, M.Pd selaku koordinator pusat sertifikasi dan pendidikan profesi memaparkan tentang pentingnya kehadiran media pembelajaran. “Pembelajaran active learning akan lebih baik jika dibarengi dengan media yang modern contohnya power point. Menjadi permasalahan jika power point terlalu banyak paragraf yang justru mengganggu,” ujarnya.

Bapak Uwes Anis Chaeruman juga membuka paradigma tentang penggunaan media. Hendaknya penggunaan media tidak melupakan siswa yang menjadi fokus pembelajaran. “Kita harus paham bahwa active learning harus mengutamakan keaktifan siswa (student center), jangan sampai guru justru menjadikan media berbasis IT namun secara tidak langsung, pembelajaran menjadi teacher center,”tambah Bapak Uwes.

DSC_0303

Untuk bisa membuat media berbasis IT yang baik diperlukan ilmu khusus. Bapak Uwes Anis Chaeruman membagi 6 Tips Rahasia membuat power point menarik versi Pak Uwes. “Fungsi dari media adalah membuat sesuatu menjadi lebih mudah. Bukan justru membuat sesuatu menjadi lebih rumit”. Oleh karena itu, Pak Uwes memberikan tips agar media pembelajaran yang diberikan dapat menjadi media yang layak dipresentasikan dan mampu membuat murid tertarik dalam pembelajaran.

Berikut 6 Tips Rahasia menjadikan power point dapat menjadi media yang menarik, yaitu:

  1. Memaksimalkan proximity
  2. Mengatur kontras
  3. Lakukan repetisi
  4. Focus of interest
  5. Utamakan visual
  6. Berikan ruang kosong

Di samping mendapatkan materi, mahasiswa PPG juga diajak untuk praktik langsung membuat power point menggunakan 6 Tips Rahasia tersebut oleh pak Uwes. Workshop berlangsung dengan antusiasme para mahasiswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya kepada teman-teman dan dapat dijadikan contoh untuk dievaluasi bersama dan langsung diberikan masukan oleh Pak Uwes agar lebih keren.

Oleh: Annisa Riris Saputri [PPG SM-3T Angkatan VI]