Pembekalan PKM Semester 103 Tahun 2015

Pembekalan PKM Semester 103 Tahun 2015

Pusat Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) – Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jum’at (04/09/15), menyelenggarakan pembekalan Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) Semester 103 Tahun 2015, bagi mahasiswa Fakultas Teknik, diselenggarakan di auditorium lt. 9, gedung Pusat Studi dan Sertifikasi Guru, UNJ.

PKM merupakan salah satu mata kuliah wajib, bagi peserta didik pada Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) khususnya UNJ, dengan bobot 2 SKS dilakukan sebagai persyaratan mengikuti PPL-PPG. PKM berorientasi pada upaya pengembangan dan peningkatan kemampuan mengajar, khususnya keterampilan pembelajaran di kelas. Pelaksanaan PKM ini dilakukan di sekolah mitra 2 hari per minggu, selama satu semester.

Mahasiswa yang mengikuti PKM pada semester ini sebanyak 3047 mahasiswa dari 7 Fakultas di UNJ, dilakukan di 542 sekolah mitra, dengan dibimbing oleh 542 dosen. Rincian Fakultas dan jumlah mahasiswa yang mengikuti PKM, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) sebanyak 748 mahasiswa, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) sebanyak 481 mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) sebanyak 430 mahasiswa, Fakultas Ekonomi (FE) sebanyak 334 mahasiswa, Fakultas Teknik (FT) sebanyak 703 mahasiswa, Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebanyak 295 mahasiswa, dan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) sebanyak 56 mahasiswa.

Pembekalan PKM Fakultas Teknik ini merupakan kegiatan pembekalan yang terakhir. Pada tiga hari sebelumnya telah dilakukan pembekalam PKM pada Fakultas yang lain. Senin (31/08/15) pembekalan PKM FBS dan FMIPA, Selasa (01/09/15) pembekalan PKM FIS, Rabu (02/09/15) pembekalan PKM FIP dan FIK, sementara pada FE telah dilakukan pembekalan pada bulan Juni.

“Pembekalan PKM bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam rangka persiapan melaksanakan praktek mengajar di sekolah,” ujar Dr. Agus Dudung, M.Pd, Kepala pusat PPL dan PKL. [Imam F. Rahmadi]

admin Avatar