Seminar dan Diskusi Praktik Penggunaan ICT dalam Pembelajaran

Seminar dan Diskusi Praktik Penggunaan ICT dalam Pembelajaran

Pusat Pengembangan Akademik (PPA) – Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Selasa (22/09/15) menyelenggarakan Seminar dan Diskusi (Semdis) dengan tema “Praktik Penggunaan ICT dalam Pembelajaran,” diselenggarakan di Gedung Pusat Studi dan Sertifikasi Guru, lantai 9, UNJ.

Semdis dibuka oleh Kepala PPA, Dr. Asep Supena, M.Psi., mewakili Ketua LPP, Dr. Totok Bintoro, M.Pd. Bapak Asep menyampaikan, bahwa Semdis ini bertujuan untuk memberikan kemampuan kepada dosen dan mahasiswa supaya dapat memanfaatkan ICT dalam pembelajaran. “Meski saat ini yang datang sedikit, itu tidak menjadi masalah, yang terpenting bahwa kami tetap konsisten memfasilitasi dosen dalam meningkatkan kemampuan akademiknya” kata Bapak Asep.

Semdis yang dihadiri oleh 42 dosen dan 17 mahasiswa S1 dan S2 dari berbagai Fakultas di UNJ ini, menghadirkan nara sumber, Dr. Khaerudin, M.Pd. dengan materi ‘Learning Management System’ dan ‘Praktik Pengelolaan E-Learning Menggunakan Platform Moodle’, dan Cecep Kustandi, M.Pd. dengan materi ‘Bagaimana Cara Mengembangkan Blog’ dan ‘Praktik Penggunaan Google Scholar’. Kedua nara sumber tersebut, merupakan dosen pada Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), UNJ.

Semdis merupakan program dari PPA, yang akan berlangsung setiap bulan selama setahun, pada tahun 2015. Program Semdis mengusung tema yang berbeda pada setiap bulannya, dimana tema yang dipilih adalah tema-tema yang relevan dengan tugas dan fungsi utama dosen.

Program Semdis atau disebut juga dengan program refresing dan recharging, bertujuan diantaranya; (1) Menyegarkan dan Menguatkan kompetensi dosen; (2) Membangun suasana akademik yang positif (positive academic atmosphere); (3) Mendukung upaya pengembangan karier dan profesi dosen (carier & professional development), khususnya terkait dengan penilaian kinerja pegawai (SKP) dan penilaian Beban Kerja Dosen (BKD); dan (4) Memfasilitasi program studi dan institusi untuk meningkatkan nilai akreditasi.

Materi Semdis “Praktik Penggunaan ICT dalam Pembelajaran,” dapat diunduh dengan melakukan ‘klik’ pada judul materi di bawah ini.

Learning Management System
Praktik Pengelolaan E-Learning Menggunakan Platform Moodle
Bagaimana Cara Mengembangkan Blog
Praktik Penggunaan Google Scholar
Pedoman Kuliah Blendeed Learning untuk Dosen bagian 1
Pedoman Kuliah Blendeed Learning untuk Dosen bagian 2
Format Learning Paths
Contoh Learning Paths

[Imam F. Rahmadi]

admin Avatar