UKin (Uji Kinerja) PPG SM3T Angkatan VI dan Prajab Bersubsidi Gelombang II

Jakarta, 11 November 2018 – Pusat Sertifikasi dan Pendidikan Profesi (SPP), Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Negeri Jakarta telah selesai melaksanakan Uji Kinerja (UKin) bagi peserta PPG SM3T Angkatan VI dan Prajabatan Bersubsidi Gelombang II sebanyak 391 orang. Pelaksanaan UKin tersebut berlangsung selama 6 hari yaitu mulai dari 5 – 10 November 2018 lalu yang diselenggarakan di Sekolah Mitra UNJ di Jakarta.

Tahun ini PPG SM3T merupakan angkatan terakhir namun ada yang berbeda dari tahun sebelumnya karena adanya UKin. Ada 14 program studi yang terlibat di PPG SM3T dan 6 program studi di Prajabatan Bersubsidi Gelombang II,” jelas Dr. Khaerudin, M.Pd selaku Koorpus SPP LP3M.

Pelaksanaan UKin tersebut terbagi ke beberapa jenjang sekolah mulai dari TK, SD, SMP, SMA hingga SMK. Setiap peserta UKin diuji oleh seorang dosen dan seorang guru yang telah memiliki NRP. Kedua penguji tersebut bukanlah dosen pembimbing ataupun guru pamong peserta tersebut. Disamping itu, saat pelaksanaan juga ada pengawasan langsung ke beberapa sekolah dari Penyelia yang ditugaskan oleh Kemenristekdikti.

Sejatinya, UKin adalah salah satu ujian penentu kelulusan selain Uji Pengetahuan (UP) bagi peserta PPG. UKin lebih menitikberatkan pada penilaian proses pembelajaran sementara UP lebih kepada penguasaan materi program studi. Setelah melalui semua tahapan PPG, diharapkan bisa mencetak para guru profesional sehingga kualitas guru di Indonesia bisa meningkat.

 

(CN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *