Uji Tulis Lokal Mahasiswa PPG SM-3T Angkatan III

Pusat Pendidikan Profesi dan Sertifikasi – Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Selasa (22/12/15) melaksanakan Uji Tulis Lokal (UTL) bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sarjana Mengajar di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) Angkatan III, dilaksanakan di gedung Pusat Studi dan Sertifikasi Guru, lt. 3, 5, dan 6, UNJ.

UTL merupakan bagian dari Uji Kompetensi Tertulis (UKT) bagi mahasiswa PPG SM-3T. Ada dua jenis UKT yang harus diikuti, yaitu UTL dan Ujian Tulis Nasional (UTN). UTL bertujuan untuk mengukur penguasaan kompetensi pedagogi, sementara UTN bertujuan untuk mengukur penguasaan materi bidang studi.

UTL dilaksanakan sebelum UTN. Sebanyak 265 mahasiswa dari 10 Program Studi (Prodi) mengikuti UTL. Prodi tersebut yaitu Pendidikan Sejarah, Pendidikan Seni Drama, Tari, Musik, dan Rupa, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Anak Usia Dasar (PAUD), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), dan Pendidikan Biologi.

Soal UTL berbentuk esai yang dikerjakan secara manual, bukan online, menggunakan bolpoin, dan di jawab di kertas folio bergaris. Para mahasiswa PPG SM-3T Angkatan III, terlihat sangat serius mengerjakan UTL. Setelah UTL ini, mereka harus belajar lebih giat lagi untuk selanjutnya menghadapi UTN. [Imam F. Rahmadi]