Kunjungan Kerja Pusat PPL Undiksha ke LP3M UNJ

Selasa, 18 Desember 2018 – Pusat PPL dan PKL, Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Negeri Jakarta mendapatkan kunjungan kerja dari Pusat PPL LP3M Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Bali. Kunjungan kerja tersebut meliputi Kepala Pusat PPL Undiksha dan 2 orang staf bagian keuangan dan disambut langsung oleh Koordinator Pusat PPL/PKL UNJ, Dr. Gusti Yarmi, M.Pd.

Topik yang dibahas pada kunjungan kerja tersebut secara umum seputar program kerja Pusat PPL baik di UNJ maupun Undiksha dan secara khusus membahas pelaksanaan PPL dan PKM di masing-masing Universitas. “Di Undiksha, LP3M mempunyai 9 (sembilan) Pusat dimana Pusat PPL dan PKL terpisah. Jadi, kunjungan kami ke sini khusus membahas PPL saja.” kata Bapak Dewa Bagus Sanjaya selaku Kepala Pusat PPL Undiksha.

PPL maupun PKM di Undiksha sudah menggunakan sistem online mulai dari pendaftaran PPL/PKM sampai pemilihan sekolah dan dosen pembimbing. Hal tersebut sama halnya yang berlaku di UNJ, baik di Undiksha maupun UNJ belum ada fitur bimbingan PPL/PKM di sistem online tersebut. Kedepan, penambahan fitur tersebut hingga keuangan online untuk guru pamong menjadi perhatian kedua Pusat PPL tersebut.

“Sistem PPL/PKM di Undiksha menggunakan sistem blok per wilayah dimana per blok tersebut ada paket PPL yang terdiri dari 3 orang mahasiswa, 1 dosen pembimbing dan 1 guru pamong. Pelaksanaanya sendiri selama 8 minggu.” jelas Bapak Dewa menambahkan.

Belmawa sebenarnya terkait PPL sudah menerapkan aturan tersendiri terkait batas minimal bimbingan dosen hingga minimal sks untuk mengambil PPL/PKM. Tetapi setiap Universitas diberikan kewenangan untuk menambahkan sesuai kebutuhan. “Contohnya, batas minimal sks dari Belmawa hanya 90 sks, tetapi di UNJ memutuskan 110 sks, “ tegas Dr. Gusti Yarmi, M.Pd selaku Koorpus PPL/PKL UNJ.

Kedepan, UNJ baru akan memulai menerapkan PLP, sementara Undiksha sudah menerapkannya lebih dulu. Untuk mencapai itu, UNJ sudah selesai menyusun draf pedoman pelaksanaan PLP I dan II. Hal ini memacu UNJ untuk belajar lebih banyak dari Undiksha terkait PLP sehingga tukar ilmu tetap terjalin satu sama lain.

 

(CN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *