KMD PPG Prajabatan Bersubsidi III UNJ

KMD PPG Prajabatan Bersubsidi III UNJ

Universitas Negeri Jakarta melalui Pusat Sertifikasi dan Pendidikan Profesi (SPP) – LP3M menyelenggarakan kegiatan Kursus Kemahiran Dasar (KMD). Kegiatan yang berlangsung selama 6 hari, yaitu 30 November – 2 Desember 2018 di Kampus A Universitas Negeri Jakarta dan 3-5 Desember 2018 di Bumi Perkemahan (BUPERTA) Cibubur. Kegiatan KMD bekerja sama dengan Kwartir Daerah DKI Jakarta. Kegiatan dibuka dengan upacara yang dipimpin langsung oleh Dr. Khaerudin, M.Pd selaku Koordinator Pusat SPP dan Wakil Kwartir Daerah DKI Jakarta yang dilaksanakan di kampus A Universitas Negeri Jakarta pada tanggal 30 November 2018.

Kegiatan ini melibatkan 124 mahasiswa PPG Bersubsidi Gelombang III. “Mahasiswa-mahasiswa PPG adalah calon guru Indonesia di masa depan. Jadilah pribadi seperti koin yang memiliki 2 sisi. Sisi pertama adalah softskill kita, program-program seperti bela negara dan KMD merupakan salah satu upaya kita untuk meningkatkan softskill. Dan sisi kedua adalah Hardskills. Hardskills harus terus ditingkatkan melalui pembelajaran-pembelajaran di kelas. Pahami dan tingkatkan diri kita agar menjadi guru-guru yang berkualitas dan profesional serta cinta NKRI.

Pada saat pelaksaan, Peserta dibagi kedalam 2 (dua) kelompok saja karena jumlah peserta yang sedikit yaitu sesuai tingkatan Pembina Pramuka yaitu Siaga (S) dan Penegak (T) yang didampingi oleh Kakak-Kakak dari Kwarcab Jakarta Utara, Kwarcab Jakarta Timur, Kwarcab Jakarta Barat, Kwarcab Jakarta Pusat, dan Kwarcab Jakarta Selatan.

Pada Hari 1 sd 3 kegiatan diisi dengan dinamika kelompok, orientasi kursus, kontrak belajar dan pemberian materi berupa UU GP, Sejarah, PDK-MK, materi jiwa, tugas, fungsi dan tugas pembina baik tingkat S/G/T dan penerapan SKU/SKK. Selanjutnya pada hari ke 4 sd 5 Kakak-Kakak pembina mulai melatih praktik pembuatan simpul pramuka, morse, semapore, dan RPP serta RM pada hari ketiga hingga hari keempat.

Sebagai penutupan di hari ke 6, peserta diajak untuk mengadakan simulasi rapat dewan satuan beserta administrasi satuan yang terkait dengan kegiatan pramuka sebagai bekal kelak menjadi pembina pramuka di sekolah masing-masing dan acara api unggun di malam harinya yang diisi dengan berbagai penampilan kreatif dari tiap kelompok.

(RK)

admin Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *