PENGUMUMAN LAPOR DIRI PPG DALAM JABATAN ANGKATAN 4 TAHUN 2020

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan merupakan salah satu kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelesaikan dan menuntaskan sertifikasi guru dalam jabatan, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru & Dosen.

Amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 8 menyebutkan bahwa Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Universitas Negeri Jakarta sebagai LPTK yang ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai penyelenggara PPG. Pada tahun 2020 UNJ akan menyelenggarakan PPG sebanyak 4 angkatan. Untuk Angkatan 4 sebanyak 140 calon mahasiswa PPG dengan 2 bidang studi yaitu:

  1. Guru Kelas SD
  2. Matematika

JADWAL PELAKSANAAN PPG TAHUN 2020 ANGKATAN 4:

Bagi calon mahasiswa PPG Angkatan 4 yang telah ditetapkan oleh GTK kemdikbud untuk segera bergabung ke group Whatsapp ( http://bit.ly/GROUP_MAHASISWA_PPG_DALJAB_ANGKATAN_4_TAHUN_2020 ).

Waktu lapor diri, pengisian biodata dan upload dokumen untuk ANGKATAN 4 mulai tanggal 1 sd  2 September 2020 secara online  (http://pendaftaran.unj.ac.id:8080/login)

 

CP :

1. Customer Service LAPOR DIRI Kantor Admisi 083897859266

2. Panitia PPG Dalam Jabatan

  • Dudung Amir Soleh : 081280060032
  • Raden Rakean : 081310639005 

Dokumen yang harus di upload :

  • Scan asli Format A1 (format pada https://daftar.sergur.id/) Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen, Nama_Suratizin_FormatA1_AsalSekolah
  • Scan asli Pakta Intergritas (format pada https://daftar.sergur.id/) Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen, Nama_Suratizin_PaktaIntegritas_Asal Sekolah
  • Scan asli Surat pernyataan Ijin Kepala Sekolah (format download disini), Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen, Nama_Suratizin_Asal Sekolah 
  • Scan asli Ijazah S1, Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen, Nama_IJASAH S1_Prodi
  • Scan asli Transkrip Nilai , Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen, Nama_TRANSKRIP S1_Prodi
  • Scan asli Kartu Identitas (KTP), Tipe File PDF maksimal 1 MB. contoh penamaan dokumen,Nama_NIK
  • Scan asli NPWP (bagi yang memiliki), Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen_Nomor Nama_NomorNPWP
  • Scan asli SK Kepegawaian terakhir, Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen, Nama_SKkepeg_Asal Sekolah
  • Upload Pas Foto Berwarna :

    1. Foto Berwarna Latar Merah/Background Merah
    2. Foto Terbaru
    3. Foto dengan Kualitas Baik, Resolusi Tinggi (tidak pecah-pecah, bukan menggunakan foto lama yang sudah ada,) disarankan untuk tidak menggunakan kamera Handphone
    4. Foto berukuran 4 x 6
    5. Tipe File JPG maksimal 1 MB
    6. Pakaian :
    • Bagi Laki-Laki: Berjas formal gelap, berdasi, kemeja putih dan tidak berpeci. (Nama File foto NAMA_No PesertaUKG_ProdiPPG_Asal Sekolah)
    • Bagi Perempuan: Berjas formal atau blazer gelap, jilbab putih dan kemeja putih. (Nama File foto NAMA_No PesertaUKG_ProdiPPG_Asal Sekolah)

CATATAN :

  1. Data yang kosong  atau salah pada format A1 dan Pakta Integritas. Perlu diketahui bahwa data tersebut langsung dari Pusat bukan dari LPTK.  Data yang kosong dapat ditambahkan secara manual. Data yang salah bisa dibetulkan dengan cara dicoretdiparaf lalu dibetulkan agar tetap terlihat data sebelumnya.
  2. No peserta PPG dapat dilihat pada format A1 yang dapat diunduh pada laman https://daftar.sergur.id/ )
  3. SK Kepegawaian terakhir bagi guru honorer berasal dari SK dari Bupati/Provinsi/Dinas Pendidikan/Kepala Sekolah, apabila dirasa kurang bisa ditambah dengan SK pembagian tugas sekolah terakhir, Bagi guru PNS atau Guru Tetap Yayasan sudah jelas.
  4. Ijin Kepala Sekolah bagi guru yg sudah pindah sekolah/mutasi (dengan syarat masih dalam lingkungan Kemendikbud) dimintakan kepada Kepala Sekolah yang baru dengan pembetulan data seperti di atas.
  5. Selalu mengingat username dan password yang digunakan masuk SIMPKB. Pelaksanaan PPG akan selalu menggunakan username dan password tersebut. (username dan password yang dimaksud sama dengan yang digunakan untuk login mencetak format A1 dan Pakta Integritas di https://daftar.sergur.id/ )
admin Avatar

4 responses to “PENGUMUMAN LAPOR DIRI PPG DALAM JABATAN ANGKATAN 4 TAHUN 2020”

  1. EVI ROKHAYATI Avatar

    Assalamu’alaikum,maaf minta balasan ya Masih di perpanjang kan untuk pendaftaran diri dari , saya pindah LPTK dari manado?
    Terakhir tanggal berapa?

  2. Bayu haji Avatar
    Bayu haji

    Udah bisa msuk mb

  3. Bayu haji Avatar
    Bayu haji

    No ukg 201699470117 blm bisa msuk pindahan dr universitas manado

  4. FERA AFRIANI SINAGA Avatar
    FERA AFRIANI SINAGA

    izin pak konfirmasi ukg saya no ukg 201500045567 .belum bisa di konfir . saran pak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *