Seminar dan Diskusi: Metode Penilaian Ranah Sikap dan Keterampilan dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi

Pusat Pengembangan Akademik (PPA) – Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (21/09/16) menyelenggarakan Seminar dan Diskusi (Semdis) dengan tema “Metode Penilaian Ranah Sikap dan Keterampilan dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi,” diselenggarakan di Aula Latief Hendraningrat, gedung Raden Dewi Sartika, lantai 2 UNJ.

“Semdis ini bertujuan untuk merefresh dan mengisi kembali ilmu tentang evaluasi atau penilaian, khususnya penilaian pada ranah sikap dan keterampilan, agar para dosen dapat mengimplementasikan berbagai macam metode penilaian sikap dan keterampilan dalam pembelajaran kepada mahasiswa” kata Dr. Asep Supena, M.Psi., Kepala PPA LPP UNJ.

Semdis dibuka oleh Rektor UNJ, Prof. Dr. Djaali. “Saya kira pemilihan topik seminar dan diskusi ini sangat tepat, mengingat bahwa penilaian ranah sikap dan keterampilan ini masih jarang dilakukan dan belum banyak dibahas dalam diskusi akademik di UNJ” ungkap Rektor UNJ.

Sebanyak 108 Dosen dan 102 mahasiswa Pascasarjana UNJ hadir dan sangat antusias mengikuti acara ini. Bahrul Hayat, Ph.D., selaku narasumber, dapat menjelaskan materi dengan rinci dan aplikatif. “Pada penilaian ranah sikap dapat menggunakan metode classroom opinion polls, double entry journal, profile of admirable individual, everyday ethical dilemma, dan survey. Sementara ranah keterampilan dapat menggunakan metode Performance Assesment, Product Assesment, project dan showcase,” ungkap Bapak Bahrul.

Semdis merupakan program dari PPA, yang akan berlangsung setiap bulan selama satu tahun. Pada tahun 2016 merupakan tahun kedua penyelenggaraan Semdis. Program Semdis mengusung tema yang berbeda pada setiap bulannya, dimana tema yang dipilih adalah tema-tema yang relevan dengan tugas dan fungsi utama dosen.

Program Semdis atau disebut juga dengan program refresing dan recharging, bertujuan diantaranya; (1) Menyegarkan dan Menguatkan kompetensi dosen; (2) Membangun suasana akademik yang positif (positive academic atmosphere); (3) Mendukung upaya pengembangan karier dan profesi dosen (carier & professional development), khususnya terkait dengan penilaian kinerja pegawai (SKP) dan penilaian Beban Kerja Dosen (BKD); dan (4) Memfasilitasi program studi dan institusi untuk meningkatkan nilai akreditasi.

Materi Semdis “Metode Penilaian Ranah Sikap dan Keterampilan dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi,” dapat diunduh dengan melakukan ‘klik’ pada judul materi di bawah ini.

Penilaian Ranah Sikap dan Keterampilan dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi – Bahrul Hayat, Ph.D.

[Imam F. Rahmadi]