Profil LP3M UNJ

Tentang Kami


Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) adalah perangkat organisasi UNJ yang memiliki tugas pokok dan fungsi untuk mempercepat pencapaian visi UNJ di bidang akademik dalam rangka mencapai keunggulan kompetitif yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Negeri Jakarta Nomor: 877/SP/2011 yang Diperbarui dengan Surat Keputusan Rektor Nomor 862/SP/2014.

LP3M Menaungi 6 Pusat


 

Pusat Sertifikasi dan Pendidikan Profesi


Koordinator Pusat Sertifikasi dan Pendidikan Profesi membawahi
bidang Pendidikan Profesi dan bidang Sertifikasi Guru dan Dosen.
Bekerja sama dengan beberapa kementerian seperti Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian
Perindustrian, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Kelautan
dan Perikanan sebagai pelaksana pendidikan profesi.

Tugas utama Koordinator Pusat Sertifikasi dan Pendidikan
Profesi adalah merancang dan mengkoordinasikan pelaksanaan
pendidikan profesi mencakup rekrutmen, sistem pembelajaran,
sistem evaluasi dan uji kompetensi, serta melaksanakan sertifikasi
guru dan dosen. Program-program utama yang menjadi tanggung
jawab koordinator pusat pendidikan profesi dan sertifikasi
diantaranya SM3T, PPG, PLPG, dan Sertifikasi Dosen UNJ.

Pusat Pengembangan Akademik dan Layanan Disabilitas


Pusat Pengembangan Akademik dan Layanan
Disabilitas membawahi bidang kurikulum dan sistem
pembelajaran, serta bidang sumber daya akademik. Uraian
tugas dari koordinator pusat pengembangan akademik dan
layanan disabilitas diantaranya; (1) Pendampingan prodi dalam
pengembangan /revisi, (2) Pengembangan bahan pembelajaran,
(3) Seminar dan Diskusi, (4) Program pelatihan peningkatan
keterampilan dasar teknik instruksional/Pekerti, (5) Program
pelatihan Applied Approach, (6) Implementasi PRIMA UNJ, (7)
Pembinaan kompetensi dosen pemula, (8) Pengembangan dan
pendampingan layanan mahasiswa.

Pusat Sumber Belajar


Pusat Sumber Belajar (PSB) Universitas Negeri
Jakarta (UNJ) bertugas memecahkan masalah sumber dan bahan
belajar dan pembelajaran di lingkungan UNJ. PSB UNJ didirikan
dalam rangka meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan daya tarik
kegiatan pembelajaran melalui aplikasi berbagai teknologi
informasi dan komunikasi.

Pusat PPL dan PKL


Pusat Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan
Praktek Kerja Lapangan (PKL) mempunyai tugas melaksanakan
urusan penyelenggaraan program pengalaman lapangan dan
praktek kerja lapangan untuk peningkatan mutu pendidikan
akademik dan profesi. Dalam pelaksanaannya koordinator pusat
PPL dan PKL bekerja sama dengan sekolah mitra di seluruh DKI
baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Koordinator Pusat
Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan Praktek Kerja Lapangan
(PKL) membawahi bidang program pengalaman lapangan dan/
atau praktek pembelajaran bagi program studi kependidikan
dan bidang Praktek kerja lapangan bagi program studi non
kependidikan.

Pusat Penjaminan Mutu


Pusat Penjaminan Mutu UNJ mempunyai visi untuk
menjadi salah satu institusi penjaminan mutu perguruan tinggi
terbaik di tingkat nasional untuk menjadikan UNJ memiliki
keunggulan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian
masyarakat, serta layanan akademik dan non-akademik.
Tugas utama koordinator pusat penjaminan mutu diantaranya (1)
melaksanakan audit internal akreditasi BAN PT, (2) Evaluasi Mutu
Internal (EMI), (3) Penerapan manajemen ISO 9001-2015, (4)
Persiapan AIPT tahap I, (5) Monitoring dan evaluasi perkuliahan,
(6) Penyusunan standar yang mengacu pada SNPT dan SNPG.

Pusat Layanan Mata Kuliah Universitas


Pusat Layanan Mata Kuliah Universitas memiliki tugas
dalam mengkoordinir mata kuliah umum di Tingkat Universitas.
Matakuliah yang di koordinir diantaranya (1) Pendidikan Agama
Islam dan Agama Non Islam, (2) Pendidikan Kewarganegaraan,
(3) Pendidikan Pancasila, (4) Bahasa Indonesia, (5) Bahasa Inggris,
(6)Ilmu Sosial Budaya Dasar, (7) Ilmu Kealaman Dasar/ISBD bagi
prodi Eksak, IAD bagi Prodi Sosial.
Selain melakukan pelayanan MKU dan MKDK, koordinator
pusat layanan mata kuliah universitas juga memiliki tugas dalam
melaksanakan pelatihan dosen MKU/MKDK dan pengembangan
perangkat evaluasi.

Visi, Misi, dan Tujuan

 

Misi


  1. Meningkatkan sumber daya manusia yang profesional, adaptif, dan berkarakter.
  2. Meningkatkan kualitas pembelajaran yang inovatif.
  3. Menyediakan sistem dan perangkat pembelajaran di perguruan tinggi yang unggul dan bermutu.
  4. Memfasilitasi pengembangan kurikulum abad 21 yang adaptif.
  5. Menyiapkan sistem pendidikan akademik dan profesi yang bermutu.
  6. Menyiapkan sistem peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan.

Visi


Pada tahun 2019 menjadi lembaga pengembang dan penjamin mutu pendidikan yang berkualitas untuk mempercepat pencapaian keunggulan kompetitif Universitas Negeri Jakarta.

Tujuan


  1. Mengembangkan kualitas sumber daya manusia akademik yang profesional, adaptif, dan berkarakter.
  2. Menghasilkan sistem pembelajaran yang bermutu dan inovatif.
  3. Menciptakan sistem dan perangkat pembelajaran untuk pendidikan yang bermutu.
  4. Menghasilkan model kurikulum pada berbagai jalur, jenjang, dan jenis pendidikan.
  5. Menghasilkan model pendidikan akademik dan profesi yang bermutu.
  6. Menghasilkan sistem peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan pada berbagai jalur, jenjang, dan jenis pendidikan.
  7. Menyelenggarakan Pendidikan Profesi dan Sertifikasi.