HIBAH REVITALISASI LPTK PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNJ TAHUN 2017

HIBAH REVITALISASI LPTK PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNJ TAHUN 2017

Pusat Pengembangan Akademik dan Layanan Disabilitas (PPALD) – Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada tahun 2017 mendapatkan Hibah Revitalisasi Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Revitalisasi LPTK ini bertujuan untuk mengembangkan dan mewujudkan LPTK yang bermutu dan kompetitif secara global dan relevan terhadap kebutuhan nasional, yang diindikasikan oleh terpenuhinya dan/atau terlampauinya Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Pada tahun 2016, UNJ telah mengembangkan kurikulum model di 7 Program Studi (Prodi)  yang didukung oleh pendanaan hibah dari Kemenristekdikti. Ke tujuh Prodi tersebut adalah Pendidikan Tata Boga, Pendidikan Matematika, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia, Pendidikan Geografi, PG – Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD), dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. Pada tahun 2017, UNJ mendorong dan memfasilitasi semua Prodi untuk untuk merekonstruksi kurikulum di masing-masing Prodi dengan merujuk kepada pengalaman pengembangan kurikulum di 7 Prodi yang dijadikan model tahun 2016.

Pada saat yang bersamaan (tahun 2017), 7 Prodi yang telah mengembangkan kurikulum di 2016 difasilitasi melalui Hibah Revitalisasi LPTK dari Kemenristekdikti untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan mencakup media pembelajaran, buku ajar, instrumen evaluasi dan video model pembelajaran.

Kegiatan Revitalisasi Hibah LPTK ini sudah dilaksanakan sejak bulan Agustus 2017 sampai bulan November 2017 pada 35 mata kuliah di 7 Prodi di UNJ. Kegiatan yang dilakukan meliputi kegiatan sosialisasi, lokakarya, rapat kerja, pelatihan dan seminar. Ada 5 perangkat pembelajaran yang telah dihasilkan yaitu rencana pembelajaran semester, buku ajar, media pembelajaran/PPT, instrumen evaluasi pembelajaran, dan video praktik pembelajaran.

(adm)

admin Avatar