Tes Wawancara Calon Peserta SM-3T UNJ 2015

Tes Wawancara Calon Peserta SM-3T UNJ 2015

Pusat Pendidikan Profesi dan Sertifikasi – Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Sabtu (04/07/15) menyelenggarakan tes wawancara calon peserta Sarjana Mengajar di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) UNJ, Tahun 2015. Tes wawancara diselenggarakan di Gedung Pusat Studi dan Sertifikasi Guru, UNJ.

Tes wawancara diikuti oleh 207 peserta. Berdasarkan hasil tes online, terdapat 243 peserta yang lulus, dan hari ini diundang untuk mengikuti tes wawancara. Maka terdapat 36 peserta yang tidak hadir dalam tes wawancara. Pendaftar SM-3T yang mendaftar di UNJ, secara keseluruhan berjumlah 725 pendaftar. Setelah melalui proses seleksi administrasi, ditetapkan terdapat 536 peserta yang lolos seleksi administrasi. Sedangkan setelah dilaksanakan tes online, didapati 243 peserta yang lulus tes online.

Peserta tes wawancara SM-3T UNJ, terdiri dari 18 Program Studi (Prodi) Pendidikan yaitu Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Geografi, Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Sejarah, dan Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Teknik Elektro, Pendidikan Tata Boga, dan Bimbingan Konseling.

Sebelum tes wawancara, dilakukan verifikasi dokumen calon peserta SM-3T UNJ. Terdapat 10 hal yang diverifikasi, yaitu; (1) Warga Negara Indonesia; (2) Lulusan program studi kependidikan S-1 tiga tahun terakhir (2013, 2014, 2015); (3) Usia maksimal 27 tahun per 31 Desember 2015; (4) Indek Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00; (5) Berbadan sehat; (6) Bebas Narkoba; (7) Berkelakukan baik; (8) Memperoleh izin dari orangtua atau wali; (9) Belum pernah mengikuti SM-3T dan sanggup mengikuti Program PPG; dan (10) Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti program SM-3T dan PPG. Verifikasi dibuktikan dengan dokumen-dokumen terkait.

Para calon peserta SM-3T UNJ dalam tes wawancara, diwawancarai terkait wawasan daerah 3T, Motivasi, Bakat dan Kepribadian, serta sikap dan penampilan diri. Pewawancara terdiri dari para dosen UNJ. Terdapat 8 pewawancara, yaitu Dr. Agus Dudung, M.Pd., Dr. Asep Supena, M.Psi., Dr. Awaluddin Tjalla, M.Psi., Dr. Budiaman, M.Si., Dr. Khaerudin, M.Pd., Dra. Endang Sri Rahayu, M.Pd., Dra. Evita Adnan, M.Psi., dan Michiko Mamesah, M.Psi.

Selain tes wawancara, sekaligus dilakukan pemeriksaan kesehatan calon peserta SM-3T UNJ oleh Poliklinik UNJ. Pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan tinggi badan, berat badan, tekanan darah, buta warna, dan pemeriksaan fisik.

Hasil tes wawancara ini akan segera diumumkan setelah berkoordinasi dengan Direktur Jenderal Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). [Imam F. Rahmadi]

admin Avatar