Studi Banding Pelaksanaan PPG dari LP3 UM

Studi Banding Pelaksanaan PPG dari LP3 UM

Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Kamis (26/05/16) menerima kunjungan dari Lembaga Pengembangan Pendidikan Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Malang (UM), dalam rangka studi banding pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG), di ruang rapat lantai 4, gedung Pusat Studi dan Sertifikasi Guru, UNJ.

Dr. Eddy Sutadji, M.Pd., Sekretaris LP3 UM menyampaikan, maksud kedatangan ke UNJ adalah untuk mendapatkan berbagai informasi terkait pelaksanaan PPG, meliputi pelaksanaan workshop, pengelolaan asrama, pengelolaan keuangan, dan lainnya.

“Melalui kunjungan ini, semoga dapat menginspirasi kami, untuk dapat lebih baik melaksanakan PPG di UM, karena kalau hanya melihat diri kami sendiri sepertinya nampak sudah baik, namun ketika keluar berkunjung ke berbagai LPTK penyelenggara PPG yang lain, ternyata masih banyak yang harus kami perbaiki” tambah Bapak Eddy.

Selain Sekretaris, perwakilan dari LP3 UM yang turut berkunjung ke UNJ, yaitu; Dr. Endang Sri A, M.Si. Ak., kepala pusat P4L LP3 UM; Drs. Suharmanto, M.Pd., pengelola asrama PPG UM; Suparto, Kasubag Program; dan Sri Agustin, BPP LP3 UM.

Ketua LPP UNJ, Dr. Totok Bintoro, M.Pd., dalam menyambut kunjungan ini, menyampikan sekilas tentang kelembagaan LPP, pelaksanaan PPG, dan pengelolaan asrama PPG dalam konteks di UNJ. “Sebenarnya kita harus sama-sama saling belajar, masih banyak konsep yang kita sudah rumuskan, namun belum dapat terimplementasi dengan baik, karena berbagai keterbatasan,” ungkap Bapak Totok.

Segenap pimpinan LPP UNJ, mulai dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, Kepala Pusat, hingga segenap staf, lengkap turut menyambut kunjungan dari LP3 UM.

Setelah pemaparan dari Ketua LPP UNJ, disambung dengan diskusi singkat. Kemudian dilanjutkan dengan berkeliling melihat pelaksanaan workshop PPG pada setiap kelas, ruangan micro teaching, ruang dosen, dan ruang makan peserta PPG.

Setelah berkeliling, dilanjutkan dengan jamuan makan siang. Setelah makan siang, peserta studi banding dari LP3 UM menuju ke asrama PPG UNJ untuk melihat secara langsung pengelolaan asrama. [Imam F. Rahmadi]

admin Avatar