Seminar Penyusunan Rencana Pembelajaran di UNJ

Seminar Penyusunan Rencana Pembelajaran di UNJ

Pusat Pengembangan Akademik (PPA) – Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (25/02/15) menyelenggarakan Seminar Penyusunan Rencana Pembelajaran di UNJ, diselenggarakan di auditorium lt. 9, gedung Pusat Studi dan Sertifikasi Guru, UNJ.

Seminar dibuka oleh Kepala LPP, Dr. Totok Bintoro, M.Pd. Bapak Totok menyampaikan bahwa UNJ memiliki semarak akademik yang tinggi, semarak akademik yang tinggi ini perlu terus dipertahankan dan ditingkatkan demi menjaga dan meningkatkan kualitas UNJ secara berkelanjutan. “Acara seperti ini merupakan bentuk nyata dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan semarak akademik di UNJ,” imbuh bapak Totok.

Kepala PPA, Dr. Asep Supena, M.Psi, saat memberi pengantar dalam seminar yang dihadiri oleh segenap dosen UNJ. Menyampaikan, “Rencana Pembelajaran Semester (RPS) merupakan bagian dari sistem pembelajaran yang harus direncanakan dengan baik demi pencapaian tujuan pembelajaran.” PPA akan mengembangkan panduan pembuatan RPS yang mudah dan praktis bagi seluruh dosen UNJ.

Acara inti seminar ini adalah sesi berbagi pengalaman dalam pembuatan RPS yang direncanakan untuk diwakili dari masing-masing Fakultas (Prodi). Namun yang dapat hadir hanya 4 Fakultas, yaitu Ratna, S.Pd, M.Hum (Fakultas Bahasa dan Seni), Muhammad Yusro, M.T (Fakultas Teknik), Dr. Anton Noornia, M.Pd (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), Dan Drs. Oman US, M.Pd (Fakultas Ilmu Olahraga).

Seminar Penyusunan Rencana Pembelajaran di UNJ ini, merupakan acara kedua dari program Seminar – Diskusi (SEMDIS) yang akan berlangsung setiap bulan selama setahun. Program SEMDIS mengusung tema yang berbeda pada setiap bulannya, dimana tema yang dipilih adalah tema-tema yang relevan dengan tugas dan fungsi utama dosen.

Program SEMDIS atau disebut juga dengan program refresing dan recharging, bertujuan diantaranya; (1) Menyegarkan dan Menguatkan kompetensi dosen; (2) Membangun suasana akademik yang positif (positive academic atmosphere); (3) Mendukung upaya pengembangan karier dan profesi dosen (carier & professional development), khususnya terkait dengan penilaian kinerja pegawai (SKP) dan penilaian Beban Kerja Dosen (BKD); dan (4) Memfasilitasi program studi dan institusi untuk meningkatkan nilai akreditasi.

Materi seminar dapat diunduh melalui link-link berikut ini:
Pedoman Penyusunan RPS (http://www.unj.ac.id/lpp/content/pedoman-penyusunan-rps)
RPS FBS (http://www.unj.ac.id/lpp/content/rps-fbs)
RPS FT (http://www.unj.ac.id/lpp/content/rps-ft)
RPS FMIPA (http://www.unj.ac.id/lpp/content/rps-fmipa)
RPS FIK (http://www.unj.ac.id/lpp/content/rps-fik)
RPS FIP (http://www.unj.ac.id/lpp/content/rps-fip)
RPS FIS (http://www.unj.ac.id/lpp/content/rps-fis)

[Imam F. Rahmadi]

admin Avatar