Orientasi Awal PPG SM-3T Angkatan III

Orientasi Awal PPG SM-3T Angkatan III

Pusat Pendidikan Profesi dan Sertifikasi – Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Kamis – Sabtu (05-07/03/15) Orientasi Awal Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sarjana Mengajar di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) Angkatan III tahun 2015/2016, diselenggarakan di Aula Latif Hendraningrat, gedung Dewi Sartika, lantai 2, UNJ.

Orientasi Awal merupakan kegiatan pengenalan program PPG SM-3T dan lingkungan UNJ kepada mahasiswa peserta PPG SM-3T. Pengenalan lingkungan UNJ lebih dikhususkan pada asrama mahasiswa, di mana mereka akan tinggal selama mengikuti PPG SM-3T.

Acara dibuka oleh Rektor UNJ, Prof. Dr. Djaali, yang sekaligus menyampaikan Kuliah Umum. “UNJ berkomitmen untuk mencetak para guru yang profesional dengan sistem berasrama, konsep ini dianggap berhasil seperti yang banyak dilakukan oleh perguruan tinggi luar negeri, mahasiswa diharapkan dapat bersugguh-sungguh mengikuti PPG SM-3T ini” ungkap Rektor saat memberi kuliah umum.

Berdasarkan laporan ketua LPP, Dr. Totok Bintoro, M.Pd, PPG SM-3T Angkatan III ini diikuti oleh 265 mahasiswa dari 10 Program Studi (Prodi) dan PPG Terintegrasi (PPGT). Prodi tersebut yaitu Pendidikan Sejarah, Pendidikan Seni Drama, Tari, Musik, dan Rupa, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Anak Usia Dasar (PAUD), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), dan Pendidikan Biologi.

Selama masa Orientasi Awal disampaikan beberapa materi. Hari pertama, disampaikan materi Orientasi Umum Program PPG SM3T oleh Dr. Totok Bintoro, M.Pd, serta Sistem Pembelajaran, PPL, dan Evaluasi dalam PPG dan Kaitannya dengan Kurikulum 2013 oleh Dr. Khaerudin, Dr. Asep Supena, M.Psi, dan Dr. Agus Dudung.

Hari kedua, disampaikan materi Kehidupan Berasrama oleh Dr. Taufik Rihatno dan Iwan Setiawan, M.Pd, Etika dan Estetika Guru Profesional oleh Dra. Indira C. Sunito,M.Psi, serta Motivasi dan Dinamika Kelompok oleh Dedi Dwitagama, S.Pd, M.M, M.Si.

Hari ketiga, disampaikan materi Kebijakan dan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Tatakelola Pendidikan Pusat dan Daerah oleh Drs. Achmad Ridwan, M.Si, dan Orientasi Lokasi Program PPG oleh Dr. Budiaman, M.Si. [Imam F. Rahmadi]

admin Avatar