Workshop Penyempurnaan Kurikulum

Pusat Pengembangan Akademik dan Layanan Disabilitas (PPALD) – Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Workshop Peninjauan dan Penyempurnaan Kurikulum Program Studi, yang dilaksanakan pada Jumat sd Sabtu (24-25/18) di Hotel Amarossa Grande, Bekasi.

Dalam laporannya Koordinator Pusat Pengembangan Akademik dan Layanan Disabilitas Dr. Asep Supena, M.Psi menyampaikan, Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari. Kami ucapkan terima kasih kepada para peserta undangan yang telah berkenan hadir.

Selanjutnya disampaikan oleh Dr. Asep Supena, M.Psi tentang Peninjauan dan Penyerpurnaan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki ciri-ciri mempunyai kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan ilmu pengetahuan, mampu memecahkan masalah di bidang keahliannya. Untuk menghasilkan tujuan tersebut, salah satu langkah harus ditempuh adalah dengan penyusunan kurikulum yang sesuai.

Acara workshop di hari pertama, pada sesi I yaitu membahas Visi, Misi, Tujuan, Profil Lulusan dan Kurikulum program studi, kemudian setelah “ishomah” (istirahat, shalat dhuhur dan makan siang) dilanjutkan dengan sesi II, yang membahas tentang deskripsi mata kuliah, yang terkait dengan capaian pembelajaran dan bahan kajian. setiap soal sebagai bahan revisi dari format sebelumnya dan menjadi hasil dari kegiatan lokakarya.

Di hari kedua, penyelarasan RPS dengan capaian pembelajaran yang merupakan tugas masing-masing dosen dengan mata kuliah yang di ampunya. Kelanjutan dari acara ini, masing-masing dosen pengampu mata kuliah menambahakan bahan kajian dan deskripsi mata kuliah dan membuat RPS sesuai dengan format yang baru. Tindak lanjut dari kegiatan ini, rencanyanya adalah program studi yang akan melakukan diskusi dari hasil RPS yang telah dibuat oleh masing-masing-masing. Insya Allah hasil dari Penyempurnaan Kurikulum Program Studi ini nantinya akan di cetak kemudian akan berikan kepada program studi dan fakultas sebagai contoh.

(RK)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *