Orientasi Awal PPG SM-3T Angkatan IV dan PPGT Angkatan II

Orientasi Awal PPG SM-3T Angkatan IV dan PPGT Angkatan II

Pusat Pendidikan Profesi dan Sertifikasi – Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Kamis – Sabtu (17-19/03/16) menyelenggarakan Orientasi Awal Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sarjana Mengajar di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) Angkatan IV dan PPG Terintegrasi Angkatan II tahun 2016/2017, diselenggarakan di Aula Latif Hendraningrat, gedung Raden Dewi Sartika, lantai 2, UNJ.

Orientasi Awal merupakan kegiatan pengenalan program PPG SM-3T dan PPGT, serta lingkungan UNJ, kepada mahasiswa peserta PPG SM-3T dan PPGT. Pengenalan lingkungan UNJ lebih dikhususkan pada asrama mahasiswa, di mana mereka akan tinggal selama mengikuti PPG.

Berdasarkan laporan ketua LPP, Dr. Totok Bintoro, M.Pd, PPG SM-3T Angkatan IV ini diikuti oleh 200 mahasiswa dari 10 Program Studi (Prodi) dan PPG Terintegrasi (PPGT) diikuti oleh 37 mahasiswa dari 1 Program Studi, yaitu Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Sementara Prodi PPG SM-3T yaitu Pendidikan Bahasa Indonesia (23), Pendidikan Bahasa Inggris (16), Pendidikan Biologi (16), Pendidikan Ekonomi (16), Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (11), Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (21), Pendidikan Luar Biasa (22), Pendidikan Matematika (24), Pendidikan Sejarah (21), dan Pendidikan Seni Budaya (30).

Orientasi Awal dibuka oleh Rektor UNJ, Prof. Dr. Djaali, yang sekaligus menyampaikan Kuliah Umum. “Peningkatan kualitas guru akan kita lakukan melalui PPG, maka PPG ini tidak main-main, Saya berharap Anda semua benar-benar mengikuti PPG dengan serius” ungkap Rektor saat memberi kuliah umum.

Selama masa Orientasi Awal disampaikan beberapa materi. Hari pertama, disampaikan materi; (1) Orientasi Umum Program PPG SM3T dan PPGT oleh Dr. Totok Bintoro, M.Pd; (2) Sistem Pembelajaran, PPL, dan Evaluasi dalam PPG dan Kaitannya dengan Kurikulum 2013 oleh Dr. Khaerudin, Dr. Asep Supena, M.Psi, dan Dr. Agus Dudung; dan (3) Etika dan Estetika Guru Profesional oleh Dra. Indira C. Sunito,M.Psi.

Hari kedua, disampaikan materi; (1) Kebijakan dan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Tatakelola Pendidikan Pusat dan Daerah oleh Drs. Achmad Ridwan, M.Si.; (2) Orientasi Lokasi Program PPG oleh Dr. Budiaman, M.Si.; dan (3) Motivasi dan Dinamika Kelompok oleh Dedi Dwitagama, S.Pd, M.M, M.Si.

Hari ketiga, disampaikan materi tentang Etika Pergaulan dan Kehidupan Berasrama oleh segenap Pengurus Asrama yaitu Dr. Taufik Rihanto, Iwan Setiawan, M.Pd., Drs. Dudung A Soleh, M.Pd., Irma R Kartika, M.Sc.Tech., dan Heny Widyaningsih, M.S.E. [Imam F. Rahmadi]

admin Avatar