Jenis dan Karakteristik Media

1. Jenis dan Karakteristik Media

Sesuai dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, khusus di bidang IT, maka media pembelajaran juga mengalami perubahan dari masa-ke-masa mengikuti pekembangan kemajuan ilmu dan teknologi. Kalau dilihat dari perkembangan teknologi paling tua adalah (1) percetakan (paling tua), kemudian disusul dengan perkembangan kedua (2) Audio visual, dan perkembangan (3) teknologi mikroprosesor (pemakaian komputer).

Berdasarkan perkembangan teknologi tersebut, jenis media adalah sebagai berikut:

  1. Media hasil teknologi cetak
  2. Media hasil teknologi audio visual
  3. Media hasil teknologi berdasarkan komputer
  4. Media gabungan hasil teknologi cetak dan komputer

Pelajarilah pdf berikut untuk menambah wawasan tentang jenis media.

Pengelompokkan media secara luas dibagi dua, yaitu media tradisional dan media teknologi mutakhir. (Seels & Glasgow dikutip oleh Azhar Arsyad). Pengelompokkan media tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

klasifikasi media seels and glasgow


Media tradisional terbagi menjadi dua, yaitu yang tidak diproyeksikan dan yang diproyeksikan.

Media tradisional yang tidak diproyeksikan meliputi:

    1. Objek nyata,
    2. Models,
    3. Multimedia kits,
    4. Field trip,
    5. Printed material, dan
    6. Display surface.

Media tradisional yang diproyeksikan antara lain:

  1. Overhead projection,
  2. Computer image projection,
  3. Slide,
  4. Filmstrip,
  5. Opacque projection, dan
  6. Sound slideset.

Yang termasuk ke dalam media teknologi mutakhir yang berbasis telekomunikasi adalah telekonferen dan kuliah jarak jauh. Sedangkan yang termasuk ke dalam media berbasis mikroprosesor antara lain CAI (computer assisted instruction, permainan computer, sistemintlijen, interkaktif, hypermedia dan compact disc (video).

Bila dilihat dari penggolongan media menurut ukuran audiens dapat dikelompokkan ke dalam 3 kelompok yaitu (1) media untuk kelompok besar, (2) media untuk kelompok kecil dan (3) media untuk individu.

Media untuk audience kelompok besar meliputi: televisi, radio dan faksimile. Media untuk audience kecil meliputi: film suara, slide. film bisu, radio, video  tape, audio tape, film strip suara, foto, poster   dan papan tulis. Media untuk individu antara lain: media cetak, telepon dan CAI.