Pelepasan Mahasiswa PKM dan PPL Fakultas Teknik

Pelepasan Mahasiswa PKM dan PPL Fakultas Teknik

Pusat Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) – Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Selasa (20/01/15), menyelenggarakan pelepasan mahasiswa Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) dan Program Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa Fakultas Teknik (FT), diselenggarakan di auditorium lt. 9, gedung Pusat Studi dan Sertifikasi Guru, UNJ.

PKM dan PPL merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi Mahasiswa Kependidikan pada Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Mata kuliah ini berbentuk mata kuliah praktik yang berbobot 2 SKS. Pelepasan dihadiri oleh para mahasiswa yang akan melaksanakan PKM dan PPL, serta dosen yang akan membimbing mahasiswa dalam PKM dan PPL.

“Sebanyak 314 mahasiswa dari FT mengikuti pelepasan, dengan rincian 308 mahasiswa melaksanakan PKM dan 6 mahasiswa melaksanakan PPL,” kata Dra. Daryati, MT, koordinator PKM dan PPL FT, disampaikan dalam sambutan pelepasan. Ibu Daryati menambahkan, terdapat 58 dosen dari FT menjadi pembimbing mahasiswa dalam PKM dan PPL yang akan dilaksanakan di sekolah mitra. Terdapat 32 SMK dan 2 SMP se-JABODETABEK menjadi sekolah mitra bagi FT UNJ untuk melaksanakan PKM dan PPL.

Adapun rincian mahasiswa FT yang melaksanakan PKM dan PPL berdasarkan jurusan, yaitu Tata Busana 30 mahasiswa, Tata Rias 33 Mahasiswa, Tata Boga 10 Mahasiswa, Teknik Sipil 35 mahasiswa, Teknik Mesin 117 mahasiswa, Teknik Elektronika 47 mahasiswa, Teknik Elektro 20 mahasiswa, dan Teknik Informatika dan Komputer 21 mahasiswa.

Kepala PPL dan PKL menyampaikan,”diharapkan dosen dapat membimbing mahasiswa dengan baik, dan mahasiswa dapat melaksanakan PKM dan PPL dengan baik pula, karena mahasiswa dalam PKM dan PPL ini menjadi duta UNJ di sekolah mitra.” Dekan FT, Drs. Riyadi, ST, MT dalam acara ini juga turut hadir dan memotivasi para mahasiswa, “hari ini semoga menjadi hari yang sangat berkesan bagi anda semua, karena akan mengawali perjalanan sebagai calon guru di sekolah, mengamalkan ilmu masing-masing sesuai jurusan masing-masing,” ujar Bapak Riyadi memotivasi. [Imam F. Rahmadi]

admin Avatar