Workshop Penyusunan Pedoman Pembelajaran Online

Pusat Sumber Belajar (PSB) Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jum’at (08/04/16) menyelenggarakan Workshop Penyusunan Pedoman Pembelajaran Online, diselenggarakan di Ruang Sidang lantai 8, gedung Pusat Studi dan Sertifikasi Guru, UNJ.

Kepala PSB, Dr. Khaerudin, M.Pd., sebagai ketua panitia workshop, saat memberikan sambutan menyampaikan bahwa tujuan dari workshop ini untuk mengetahui best practices penyelenggaraan pembelajaran online di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Indonesia (UI), guna mengembangkan pedoman pembelajaran online di UNJ.

“Kami berharap, melalui workshop ini, mendapatkan masukan dari nara sumber, dosen, dan segenap peserta workshop, terkait apa dan bagaimana sebaiknya penyelenggaraan pembelajaran online di UNJ, harapannya ke depan penyelenggaraan pembelajaran online di UNJ akan melembaga, diatur secara institusional,” kata Bapak Khaerudin.

Workshop dibuka oleh Ketua LPP UNJ, Dr. Totok Bintoro, M.Pd. “Penyusunan pedoman pembelajaran online ini, bagian dari kegiatan LPP dalam upaya merumuskan brand pembelajaran di UNJ yang akan dipatenkan, bernama PRIMA (Pembelajaran yang Ramah, Inovatif, Menyenangkan, dan Aktif), terima kasih kepada Bapak Khaerudin selaku Kepala PSB sudah menginisiasi penyusunan pedoman pembelajaran online di UNJ,” ungkap Bapak Totok saat membuka workshop.

Workshop menghadirkan 2 narasumber; (1) Dr. Cepi Riyana, M.Pd. dari Program Studi Teknologi Pendidikan (TP) UPI Bandung, menyampaikan materi “Kebijakan dan Manajemen Pembelajaran Online di Perguruan Tinggi.”; dan (2) Harry B. Santoso, Ph.D. dari Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI, menyampaikan materi “Strategi Pembelajaran Online yang Efektif di Perguruan Tinggi: Ditinjau dari Aspek Teknologi yang Digunakan.”

Segenap dosen dari berbagai Program Studi dan beberapa staf dari Lembaga, Unit, serta Biro di UNJ, turut hadir sebagai peserta workshop. Selama workshop berlangsung, para peserta aktif dalam memberikan saran pada Pedoman Pembelajaran Online yang akan segera disusun oleh PSB LPP UNJ. [Imam F. Rahmadi]