Seminar dan Diskusi Pengalaman Sukses Implementasi Pembelajaran Online

Seminar dan Diskusi Pengalaman Sukses Implementasi Pembelajaran Online

Pusat Pengembangan Akademik (PPA) – Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (27/04/16) menyelenggarakan Seminar dan Diskusi (Semdis) dengan tema “Pengalaman Sukses Implementasi Pembelajaran Online,” diselenggarakan di lantai 8, Gedung Pusat Studi dan Sertifikasi Guru, UNJ.

Tujuan Semdis supaya para dosen dan mahasiswa UNJ dapat mengimplementasikan pembelajaran online dalam perkuliahan. Semdis dihadiri oleh dosen dan mahasiswa UNJ, sebanyak 97 orang, dari 7 Fakultas dan Program Pascasarjana UNJ.

Semdis dibuka oleh Ketua LPP, Dr. Totok Bintoro, M.Pd. Bapak Totok menyampaikan, bahwa teknologi berkembang sangat deras tidak terbendung, sebagai dosen dan mahasiswa harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan masa kini.

“Mari belajar bersama-sama dan menggali pengalaman baik dalam melakukan pembelajaran online yang pernah dilakukan teman-teman, terutama dari Program Studi Teknologi Pendidikan, yang digawangi oleh Ibu Dewi Salama Prawiradilaga” kata Bapak Totok.

Narasumber yang dihadirkan pada Semdis kali ini, yaitu Dra. Dewi Salma Prawiradilaga, M.Sc.Ed. dengan materi Rapid/NG Instructional Designer dan Drs. Diat Nurhidayat, M.T.I. dengan materi 4 eLearning Best Practices To Produce eLearning People Love.

Semdis merupakan program dari PPA, yang akan berlangsung setiap bulan selama satu tahun. Pada tahun 2016 merupakan tahun kedua penyelenggaraan Semdis. Program Semdis mengusung tema yang berbeda pada setiap bulannya, dimana tema yang dipilih adalah tema-tema yang relevan dengan tugas dan fungsi utama dosen.

Program Semdis atau disebut juga dengan program refresing dan recharging, bertujuan diantaranya; (1) Menyegarkan dan Menguatkan kompetensi dosen; (2) Membangun suasana akademik yang positif (positive academic atmosphere); (3) Mendukung upaya pengembangan karier dan profesi dosen (carier & professional development), khususnya terkait dengan penilaian kinerja pegawai (SKP) dan penilaian Beban Kerja Dosen (BKD); dan (4) Memfasilitasi program studi dan institusi untuk meningkatkan nilai akreditasi.

Materi Semdis “Pengalaman Sukses Implementasi Pembelajaran Online,” dapat diunduh dengan melakukan ‘klik’ pada judul materi di bawah ini.

Rapid/NG Instructional Designer – Dra. Dewi Salma Prawiradilaga, M.Sc.Ed.
4 eLearning Best Practices To Produce eLearning People Love – Drs. Diat Nurhidayat, M.T.I.

[Imam F. Rahmadi]

admin Avatar