Seminar Hasil PTK Mahasiswa PPG SM-3T

Pusat Pendidikan Profesi dan Sertifikasi – Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), melaksanakan seminar hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sarjana Mengajar di daerah Terpencil, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T), dilaksanakan di gedung Pusat Studi dan Sertifikasi Guru, lt. 5, UNJ.

Membuat PTK merupakan kewajiban bagi mahasiswa PPG SM-3T saat melakukan Program Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah. Seminar hasil PTK dilaksanakan mulai Kamis, 11 Desember – Jum’at, 19 Desember 2014. Setiap hari masing-masing program studi bergantian melaksanakan seminar hasil PTK sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Kepala Pusat Pendidikan dan Sertifikasi, Dr. Budiaman, M.Si, saat ditemui di ruang kerjanya menyampaikan, bahwa sebagai guru profesional harus dapat memahami permasalahan yang dihadapi di kelasnya, pemahaman terhadap permasalahan yang terjadi dituangkan oleh mahasiswa PPG SM-3T ketika PPL di sekolah melalui PTK. “Jadi PTK ini menjadi laporan sekaligus bukti dari apa yang telah mereka lakukan di sekolah,” tambah Bapak Budiaman.

Siang ini (17/12/14) salah satu program studi yang sedang melakukan seminar hasil PTK dari program studi Seni Musik. Setiap program studi terdapat dua dosen bertindak sebagai penguji. Hampir senada dengan Bapak Budiaman, salah satu penguji seminar hasil PTK, Drs. Eddy Husni Rachim, M.Pd, mengungkapkan bahwa PTK sangat penting karena menjadi indikator dari profesionalitas seorang guru, dengan seminar hasil seperti ini mahasiswa menjadi tahu kualitas PTK yang telah dibuat.

Setelah seminar hasil PTK selesai dilakukan diharapkan para mahasiswa PPG SM-3T bisa memperbaiki kembali hasil PTK sesuai dengan saran dari para penguji. Selain itu, mahasiswa diharapkan bisa lebih memahami PTK secara teoritik maupun praktik. [Imam F. Rahmadi]