Workshop Pembuatan Video Pembelajaran

Pusat Sumber Belajar-Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) telah menyelenggarakan Workshop Pembuatan Video Pembelajaran di Hotel Aston, Bekasi pada tanggal 2-3 November 2018 lalu. Workshop ini nantinya menghasilkan produk video pembelajaran yang dikembangkan dari bahan ajar yang sudah disiapkan oleh setiap peserta.

Banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan video pembelajaran yaitu Video Maker Fx, Prezi, dan Video PPT. Tetapi yang diajarkan saat workshop adalah aplikasi Video Maker Fx karena mempunyai keunggulan diantaranya sudah tersedia template video, audio dan dapat disimpan dalam bentuk export as mpv dsb.

“Penggunaan aplikasi Video Maker Fx ini bersifat offline. Sudah free trial tetapi akan kita coba untuk membuat menjadi permanen, ” jelas Jhoni Lagun Siang yang menjadi narasumber yang menjelaskan tutorial instalasi Video Maker Fx kepada 19 peserta yang menghadiri workshop.

Lebih lanjut, peserta juga diajarkan cara membuat e-book secara gratis oleh narasumber kedua yaitu Bapak Hasnidar Hanafi. Peserta sangat antusias mengikuti langkah demi langkah pembuatan video dan ebook tersebut.

“Hasil video pembelajaran yang berhasil dibuat oleh semua peserta akan diseleksi untuk dipilih yang terbaik dan segera diunggah ke e-learning UNJ”, jelas Prof. Dr. Suyitno Muslim, M.Pd selaku Koorpus Pusat Sumber Belajar.

(CN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *