Monitoring dan Evaluasi PPL PPG SM-3T

Pusat Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) – Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (11/11/15) menerima perwakilan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sarjana Mengajar di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T).

Monev bertujuan memperoleh data dan informasi, mengenai kualitas kinerja peserta PPG dalam pelaksanaan PPL di sekolah-sekolah mitra. Secara khusus, monev ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai: (1) Pencapaian kompetensi akademik, pedagogik, dan sosial kepribadian mahasiswa PPG SM-3T dalam pelaksanaan PPL; (2) Pencapaian kompetensi nonmengajar (seperti mengerjakan administrasi sekolah, manajemen pendidikan, membina kegiatan ekstrakurikuler); dan (3) Dampak pelaksanaan PPL PPG SM-3T terhadap hasil belajar peserta didik.

Secara nasional , monev akan dilaksanakan pada tanggal 15 sampai dengan 30 November 2015. Lokasi pelaksanaan Monev adalah di 12 LPTK penyelenggara Program PPG SM-3T dan 2 LPTK penyelenggara Program PPGT SD, serta sekolah-sekolah mitra penyelenggaraan PPL PPG SM-3T. Sekolah mitra yang dikunjungi yaitu sekolah yang digunakan PPL oleh 3 atau lebih program studi. Pada masing-masing LPTK dipilih beberapa Program Studi yang akan di monev.

UNJ sebagai LPTK penyelengaara PPG SM-3T, mendapat bagian monev untuk Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Ekonomi, dan Seni Budaya. Populasi yang akan dimonev adalah mahasiswa PPG SM-3T angkatan III tahun 2015, yang pada semester ini sedang melakukan PPL.

Pemonev yang datang ke UNJ adalah Asep Herry Hernawan dari UPI Bandung, M. Khafid dari UNNES Semarang, Warih Handayaningrum dari UNESA Surabaya, dan Agung Darmawan dari Ditjen Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi, Kemristekdikti. [Imam F. Rahmadi]