Pembekalan dan Pelepasan Mahasiswa PKM Semester 104 Tahun 2016

Pusat Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) – Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu, Kamis, Selasa, dan Jum’at (13, 14, 19 & 22/01/16), menyelenggarakan pembekalan dan pelepasan mahasiswa yang akan melaksanakan Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) Semester 104 Tahun 2016.

PKM salah satu mata kuliah wajib, bagi peserta didik pada Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) khususnya UNJ, dengan bobot 2 SKS dilakukan sebagai persyaratan mengikuti PPL-PPG. PKM berorientasi pada upaya pengembangan dan peningkatan kemampuan mengajar, khususnya keterampilan pembelajaran di kelas. Pelaksanaan PKM ini dilakukan di sekolah mitra 2 hari per minggu, selama satu semester.

PKM adalah mata kuliah yang berorientasi pada upaya pengembangan dan peningkatan kemampuan mengajar, khususnya keterampilan pembelajaran di depan kelas. “Pembekalan PKM diselenggarakan untuk membekali mahasiswa dalam melaksanakan PKM di sekolah mitra, memberikan pengarahan bagaimana melaksanakan PKM dengan baik dan benar.” Ujar Dr. Agus Dudung, M.Pd, Kepala PPL dan PKL.

Mahasiswa yang mengikuti PKM pada semester ini sebanyak 418 mahasiswa dari 7 Fakultas di UNJ, dilakukan di 62 sekolah mitra, dengan dibimbing oleh 62 dosen pembimbing. Rincian Fakultas dan jumlah mahasiswa yang mengikuti PKM, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) sebanyak 2 mahasiswa, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) sebanyak 92 mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) sebanyak 51 mahasiswa, Fakultas Ekonomi (FE) sebanyak 14 mahasiswa, Fakultas Teknik (FT) sebanyak 140 mahasiswa, Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebanyak 4 mahasiswa, dan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) sebanyak 115 mahasiswa. [Imam F. Rahmadi]