UNJ Gelar Pembekalan PPL PPG Prajabatan Bersubsidi Gelombang 3

Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Prajabatan sebagai calon guru profesional diwajibkan untuk mengikuti berbagai proses dan mekanisme pelaksanaan program pendidikan profesi guru, salah satunya dengan mengikuti Program Pengalaman Lapangan (PPL).

UNJ melalui Pusat PPL dan PKL, Pusat Sertifikasi dan Pendidikan Profesi LP3M menggelar kegiatan Pembekalan PPL bagi mahasiswa PPG Prajabatan Bersubsidi Gelombang 3 pada hari jumat, 1 Februari 2019 di Gedung Ki Hajar Dewantara, Lantai 8, UNJ.. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa PPG Prajabatan Bersubsidi Gelombang 3 yang berjumlah 123 mahasiswa dan perwakilan dari 29 sekolah mitra yang akan menjadi tempat mahasiswa PPG melaksanakan program PPL.

Dr. Gusti Yarmi, M.Pd selaku koordinator pusat PPL dan PKL menuturkan peran penting sekolah mitra ini sangat besar bagi pelaksanaan program pendidikan profesi guru. “Terima kasih atas kehadiran Bapak dan Ibu yang berasal dari sekolah mitra, Semoga pelaksanaan PPL PPG ini bisa berjalan dengan lancar dan bermanfaat untuk kita semua.”

Selanjutnya, Ibu Gusti Yarmi menjelaskan juga tentang perbedaan program PPL dan PKL. “Perlu diingat setelah PPL akan ada Uji Kinerja, Jadi, PPL PPG merupakan kesempatan emas untuk peserta menempa ilmu menjadi guru yang profesional, Jadi mohon ikuti mekanisme dan bimbingan dengan dosen pembimbing masing2 dengan baik. Gali pengetahuan seluas-luasnya termasuk yang berhubungan dengan administrasi sekolah, ekstra kurikuler, dan berbagai kegiatan di sekolah lainnya.

Pada kesempatan ini, Dr. Riyadi, MT selaku sekertaris LP3M UNJ turut menghadiri dan membuka kegiatan pembekalan ini. Bapak Riyadi Menjelaskan Jenis PPG yang dikelola oleh LP3M pada tahun sebelumnya. “Pada tahun sebelumnya kita menyelenggarakan beberapa jenis program PPG, yakni PPG Prajabatan SM3T, PPG Prajabatan Bersubsidi Gelombang 1 yang dimulai tahun 2017 dan selesai tahun 2018, Lalu, dilanjut PPG Prajabatan Bersubsidi Gelombang 2, dan tidak lama kemudian disusul PPG Prajabatan Bersubsidi Gelombang 3. Selain PPG Prajabatan, pada tahun kemarin kami LP3M juga menyelenggarakan PPG Dalam Jabatan yang terdiri dari Gelombang 1, Gelombang 2, dan Gurdasus.”

Bapak Riyadi juga menjelaskan tentang jumlah guru yang belum bersertifikat dan itu harus segera dilaksanakan sertifikasi. “Guru merupakan kunci keberhasilan pendidikan kita, saya menghimbau bahwa peserta yang akan segera ppl perlu dipahami bahwa perbedaan anak-anak sekolah sekarang berbeda dengan saat adik2 sekolah. itu juga menjadi tantangan untuk kita. perkembangan teknologi juga tentu mempengaruhi. Jadi, latih kemampuan kalian, cari ilmu sebanyak-banyaknya”

Program PPL PPG Prajabatan bersubsidi Gelombang 3 UNJ akan dilaksanakan mulai tanggal 6 Februari 2019 sampai tanggal 18 Mei 2019 di sekolah-sekolah mitra yang sesuai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *