193 Mahasiswa FT dan FIP Ikuti Pembekalan PKM Semester 110

Jakarta, 28 Januari 2019. Sebanyak 193 mahasiswa yang terdiri dari 157 mahasiswa FT dan 36 mahasiswa FIP mengikuti pembekalan Praktik Keterampilan Mahasiswa (PKM) Semester 110. Pembekalan tersebut berlangsung di Gd. Ki Hajar Dewantara Lantai 8 Universitas Negeri Jakarta. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Himne Guru, dilanjutkan dengan pembukaan oleh Koordinator Pusat PPL/PKL Dr. Gusti Yarmi, M.Pd.

“Saat ini UNJ sedang merencanakan adanya perubahan PKM menjadi PLP sesuai amanat Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2017. Konsepnya tidak berbeda jauh dan dilaksanakan di semester 7 atau 8. Akan ada 2 jenis PLP yaitu PLP I dan PLP II. PKM nantinya akan disebut PLP II, sementara PLP I dikelola oleh prodi,” jelas Dr. Gusti Yarmi, M.Pd.

PKM merupakan kegiatan yang bersifat Non Blok artinya mahasiswa dibolehkan mengambil mata kuliah pada jam diluar kegiatan PKM di sekolah. Jumlah mata kuliah yang bisa diambil yaitu maksimal 12 sks, sehingga mahasiswa hadir di sekolah dalam waktu 2-3 hari setiap minggunya. Ketentuan pemilihan sekolah dan dosen pembimbing sendiri sudah diatur oleh setiap Koordinator PKM Fakultas, dalam hal ini FT dan FIP.

Pembekalan tersebut diisi oleh Dr. Dewi Nurmalasari, ME selaku Koordinator PKM FE UNJ. Beliau menjelaskan bahwa latihan terbimbing minimal 8 kali untuk mengukur kemampuan mahasiswa sebagai calon guru. “Upayakan untuk mengkonsultasikan RPP yang akan kalian ajarkan dengan guru pamong terlebih dahulu supaya lebih matang saat mengajar di kelas,” pesan beliau.

Lebih daripada itu, saat penentuan jadwal ujian PKM juga harus didiskusikan dengan dosen pembimbing dan guru pamong. Semua hal itu tentu tidak lepas dari etika mahasiswa saat PKM di sekolah. Mulai dari penampilan sampai materi harus disiapkan dengan baik. Pertemuan pertama mengajar adalah kunci keberhasilan sebagai calon guru.

 

(CN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *