Ikuti PKM Semester 110, FBS dan FIS bekali 72 Mahasiswa

Pusat PPL/PKL – LP3M Universitas Negeri Jakarta mengadakan pembekalan Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) Fakultas FBS dan FIS di Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai 8 pada tanggal 30 Januari 2019 lalu. Pembekalan tersebut dihadiri oleh 64 mahasiswa FBS dan 8 mahasiswa FIS.

Pembekalan diawali dengan laporan dari Koordinator PKM FBS yaitu Ratna, M.Hum. Beliau melaporkan bahwa pada semester genap 110, Prodi Pendidikan Seni Musik paling banyak mahasiswanya dengan total 9 dosen pembimbing. Jumlah ini tetapi lebih kecil jika dibandingkan dengan semester ganjil.

“Ada perbedaan antara pola PKM dan PPL di sekolah. PKM dilaksanakan oleh calon guru dan menggunakan sistem Non Blok sedangkan PPL diperuntukkan bagi yang sudah lulus S1 dan sistemnya full time di sekolah selama 3 bulan, “ begitu jelas Dr. Gusti Yarmi, M.Pd selaku Koordinator Pusat PPL/PKL. Beliau juga menambahkan bahwa saat ini UNJ akan mulai menerapkan sistem PLP II yang akan menggantikan PKM. Pelaksanaanya di semester 7 atau 8.

Selain mengajar, tugas utama mahasiswa adalah menguasai 4 (empat) pilar guru dan menerapkannya di kelas. Hal ini dijelaskan lebih detail oleh Dewi Nurmalasari, ME selaku narasumber saat pembekalan tersebut. “Refleksi itu penting saat akhir pembelajaran. Ini memberikan feedback dari guru pamong dan dosen pembimbing untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya,” jelasnya.

 

(CN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *