Seminar dan Diskusi Penelitian Kualitatif

Seminar dan Diskusi Penelitian Kualitatif

Pusat Pengembangan Akademik (PPA) – Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jum’at (04/09/15) menyelenggarakan Seminar dan Diskusi (Semdis) dengan tema “Penelitian Kualitatif: Panduan dalam Membimbing Mahasiswa,” diselenggarakan di Aula lantai dasar, gedung Perpustakaan, UNJ.

Semdis diawali dengan laporan penyelenggaraan seminar dan diskusi pada bulan sebelumnya, oleh Kepala PPA, Dr. Asep Supena, M.Psi., mewakili Ketua LPP, Dr. Totok Bintoro, M.Pd. Bapak Asep menyampaikan, bahwa Semdis ini bertujuan untuk membangun atmosfir atau suasana akademik di UNJ. “Semoga Semdis yang ditujukan terutama bagi para dosen UNJ ini, dapat mewujudkan proses dan hasil pembelajaran yang bermutu di UNJ” kata Bapak Asep.

Semdis dibuka oleh Dr. Ucu Cahyana, M.Si, kepala Lembaga Penelitian UNJ. Bapak Ucu sebagai pembuka kegiatan dalam Semdis, mengingat bahwa Semdis kali ini mengusung tema tentang penelitian. Pada sambutan pembukaan, Bapak Ucu menyampaikan bahwa yang terpenting saat ini bagi UNJ adalah mengembangkan kebijakan penelitian sesuai dengan kebijakan riset nasional.

“Selama ini riset yang dilakukan oleh UNJ, ketika masih di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) adalah riset akademik. Sementara saat ini, dalam naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), kebijakan riset mengarah pada riset implementatif,” ungkap Bapak Ucu.

Semdis yang dihadiri oleh 72 dosen dan 71 mahasiswa S1 dan S2 dari berbagai Fakultas di UNJ ini, menghadirkan nara sumber, Yuli Rahmawati, M.Sc., Ph.D., dosen UNJ yang memperoleh gelar magister dan doktornya di Australia. “Penelitian kualitatif merupakan hal baru di UNJ, melalui Semdis penelitian kualitatif ini, semoga dapat membuat kita lebih mengenal apa itu penelitian kualitatif dan bagaimana melakukan pembimbingan kepada mahasiswa,” ujar Ibu Yuli.

Semdis merupakan program dari PPA, yang akan berlangsung setiap bulan selama setahun, pada tahun 2015. Program Semdis mengusung tema yang berbeda pada setiap bulannya, dimana tema yang dipilih adalah tema-tema yang relevan dengan tugas dan fungsi utama dosen.

Program Semdis atau disebut juga dengan program refresing dan recharging, bertujuan diantaranya; (1) Menyegarkan dan Menguatkan kompetensi dosen; (2) Membangun suasana akademik yang positif (positive academic atmosphere); (3) Mendukung upaya pengembangan karier dan profesi dosen (carier & professional development), khususnya terkait dengan penilaian kinerja pegawai (SKP) dan penilaian Beban Kerja Dosen (BKD); dan (4) Memfasilitasi program studi dan institusi untuk meningkatkan nilai akreditasi.

Materi Semdis Penelitian Kualitatif: Panduan dalam Membimbing Mahasiswa, dapat diunduh di sini. [Imam F. Rahmadi]

admin Avatar