MONITORING DAN EVALUASI PLPG UNJ 2017

MONITORING DAN EVALUASI PLPG UNJ 2017

Pusat Sertifikasi dan Pendidikan Profesi (PSPP) – Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), pada hari Kamis (2/11/2017), menerima Dr. Suyono, M.Si sebagai perwakilan dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) UNJ 2017.

Monev bertujuan memperoleh data dan informasi mengenai kualitas pelaksanaan PLPG UNJ 2017. Secara khusus, monev ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai: Monitoring hasil kerja instruktur dan evaluasi kinerja instruktur selama proses PLPG di UNJ.

Rangkaian kegiatan PLPG UNJ 2017 dilakukan 7 tahap, dimulai pada tanggal 25 September 2017 dan akan berakhir pada tanggal 10 Desember 2017. Pelaksanaan PLPG UNJ 2017 diadakan di 2 lokasi, yaitu Wisma Kinasih Resort dan Grand Mutiara Hotel. Dr. Suyono, M.Si berkesempatan untuk melakukan kunjungan monev selama satu hari di Wisma Kinasih Resort. PLPG yang sedang berlangsung adalah PLPG tahap IV dengan prodinya adalah PG PAUD/TK, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Sosiologi, Sendratasik, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Tata Busana, Tata Rias, Tata Boga, Pendidikan Teknik Elektro, Pendidikan Teknik Elektronika, dan Teknik Mesin.

Sebelum berkunjung, pemonev diterima dan disambut oleh ketua LP3M UNJ Dr. Totok Bintoro, M.Pd, Sekertaris LP3M UNJ Dr. Endang Sri Rahayu, M.Pd, Koordinator Pusat Sertifikasi dan Pendidikan Profesi Dr. Khaerudin, M.Pd, Koordinator Pusat PPL dan PKL Dr. Gusti Yarmi, M.Pd. Petugas monev dalam kunjungannya didampingi oleh Koordinator Pusat PPL dan PKL dan Staff LP3M.

Setelah melakukan kunjungan, diadakan kegiatan FGD (Focus Group Discussion) terkait hasil kunjungan di Ruang Hall Leonie, Wisma Kinasih Resort. FGD ini dilakukan 2 kali. FGD pertama dilakukan antara Dr. Suyono dengan perwakilan peserta PLPG Tahap IV. Dalam FGD ini yang dibahas antaralain mengenai sarana prasarana lokasi kegiatan, kinerja instruktur, dan panitia PLPG UNJ 2017.

Pada FGD kedua, dihadiri oleh Dr. Suyono, M.Si, Endang Sri Rahayu, M.Pd (Sekretaris LP3M), Dr. Khaerudin, M.Pd (Koorpus Sertifikasi dan Pendidikan Profesi), Dr. M.Yusro (Prodi Teknik Elektro), Karta Sasmita, Ph.D(Prodi PG PAUD/TK), Dr. Yuliani Nurani, M.Pd (Prodi PG PAUD/TK), Dra. Lucy Martiati Nst, M.Pd (Prodi Seni Budaya), Dra Eti Herawati, M.Si (Prodi Tata Rias), Dr. Guspri Devi A, M.Si (Prodi Tata Boga), Dra. Harsuyanti Lubis, M.Hum (Prodi Tata Busana), Ir. Drs. Parjiman, MT (Prodi Elektro), Marni Lestari, S.Pd, M.AB (Kabag TU LP3M), Sri Mardiyanti, S.Pd (Kasubag Program, Data dan Informasi LP3M), dan staf LP3M. Hasil dari FGD adalah Penyampaian permasalahan yang dihadapi instruktur dan Evaluasi kinerja instruktur PLPG UNJ 2017.

(adm)

admin Avatar